Keistimewaan Susu Kambing.

Posted by Benar Benar Susu Ettawa | Posted in


Susu kambing memang banyak khasiatnya. Selain sebagai makanan tambahan (feed suplement), susu kambing juga bisa mengurangi gangguan pernafasan (seperti asma, bronchitis, TBC) dan rematik. Susu kambing juga mampu mengontrol lemak tubuh dan menghaluskan kulit. Salah satu yang pasti susu mampu menjaga hormonal dalam tubuh.

Beberapa keistimewaan susu kambing lainnya adalah :

1. Kaya protein, enzim, mineral, vitamin A dan B. Beberapa jenis enzim yang terdapat dalam susu kambing adalah Iribonuklease, alkalin fosfat, lifase dan xatin oksidase. sedangkan beberapa mineral yang terkandung dalam susu kambing yaitu kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorin, dan mangan.
2. Mengandung antiarthritis
3. Mempunyai khasiat untuk mengobati demam kuning, penyakit kulit, gastritis, asma, dan insomnia.
4. Molekul lemaknya kecil sehingga mudah dicerna.
5. Bila disimpan di tempat dingin, kualitas dan khasiatnta tidak berubah.
6. Mempunyai sifat antiseptik alami dan membantu menekan pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya fluorine yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi.

Kandungan Gizi Susu Kambing

Salah satu kelebihan susu kambing adalah kandungan gizinya relatif lengkap dan tinggi. Susu kambing dan susu sapi bila dibandingkan dengan susu ibu (ASI), melalui bahan yang terkandung dalam susu tersebut dapat dilihat di tabel 8.

Manfaat Spesifik :

* Menstruasi ; Susu kambing mensuplai zat besi yang hilang pada wanita yang yang sedang menstruasi. Susu kambing juga dapat bermanfaat bagi wanita yang kekurangan darah (anemia), masa hamil atau pendarahan pada masa bersalin (pendarahan postpartus).
* Osteoporosis ; Susu kambing mengandung kalsium dan potasium yang bisa mencegah osteoporosis atau kerapuhan tulang.
* Kolesterol ; Susu kambing mengandung lemak berantai pendek sehingga cocok untuk diminum oleh seseorang yang sedang menjalani program diet dan penderita kadar kolesterol tinggi.
* Penyakit lain ; Susu kambing juga bisa meringankan berbagai penyakit seprti asma, lever, radang sendi, batuk, letih lesu, bronchitis, sinusitis, menghilangkan bau mulut, menambah nafsu makan, menghilangkan rasa mual, melncarkan peredaran darah.

Aroma susu kambing memang lebih berbau tajam dari susu sapi, tapi jika untuk kesehatan kenapa tidak? Dengan kemajuan tehnologi bau menyengat pada susu kambing bisa diantisipasi dengan aneka rasa dan aroma makanan , sehingga hal ini dapat mempermudah pemasaran.

Comments (1)

widih. . .bnyk mnfaat cuy . .okiy dueh. . .lbih dr sekedar rasa . .