Letak Geografis dan Administratif

Posted by Benar Benar Susu Ettawa | Posted in


Lokasi Usaha


Desa Jarak terletak di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang Jawa Timur. Desa ini mempunyai batas geografis administratif di sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sambirejo. Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Wonomerto , sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Galengdowo dan sebelah Timur berbatasan dengan Hutan Lindung. Luas secara keseluruhan 711,553 HA yang terdiri areal pertanian , perkebunan, dan pemukiman penduduk.

Wilayah Desa Jarak ini terdapat di daerah pegunungan.. Desa Jarak secara administrtif pemerintahan terdiri dari beberapa dusun, penduduk desa berjumlah 2948 yang sebagian besar merupakan petani, peternak dan pekerja kebun.Desa Jarak mempunyai tata guna lahan yang luas dan cukup beragam. Total luas wilayah desa 711,553 HA dan mempunyai lahan pertanian yang cukup subur. Yaitu perkebunan, perladangan dan perkebunan serta pemukiman penduduk.

1. Pemilihan bibit

Salah satu faktor keberhasilan beternak adalah ketrampilan memilih bibit ternak ( bakalan ). Bibit yang baik akan menghasilkan keturunan yang baik pula dan cepat tumbuh apalagi disertai pengelolaan / tatalaksana yang baik dan teratur.
Produktivitas kambing PE sangat ditentukan oleh kelahiran anaknya, induk muda yang sudah mampu melahirkan anak kembar pada kelahiran pertama ada kecenderungan bahwa setiap melahirkan juga akan kembar.
Beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam pemilihan bibit kambing PE antara lain:

1. Umur ternak : 8 -12 bulan
2. Berat badan : 10 -15 kg
3. Ciri –ciri : Warna kebanyakan tunggal yaitu coklat, hitam, putih, sawo matang dan kombinasi.
# Temperamen lincah
# Telinga panjang dan mempunyai tanduk dll

Peranakan Ettawa (PE) merupakan hasil persilangan antara kambing Ettawa (asal India) dengan kambing Kacang, yang penampilannya mirip Ettawa tetapi lebih kecil. Kambing PE tipe dwiguna yaitu sebagai penghasil daging dan susu (perah). Ciri khas kambing PE antara lain; bentuk muka cembung melengkung dan dagu berjanggut, terdapat gelambir di bawah leher yang tumbuh berasal dari sudut janggut, telinga panjang, lembek menggantung dan ujungnya agak berlipat, ujung tanduk agak melengkung, tubuh tinggi, pipih, bentuk garis punggung mengombak ke belakang, bulu tumbuh panjang di bagian leher, pundak, punggung dan paha, bulu paha panjang dan tebal

2. Menaksir umur ternak

Pembelian bibit ternak di pasaran harus benar-benar bisa memilih bibit unggul, tetapi bagi tani ternak JARAK KEBUN MAKMUR lebih memilih mengadakan pembibitan sendiri daripada membeli di pasar hewan. Adapun kelebihan pembibitan sendiri karena sudah mengetahui bibit pejantannya dan merupakan galur murni bibit unggul.
Pada ternak kambing, cara memperkirakan umur adalah :

1. Mencatat tanggal lahir
# Mencatat tanggal lahir
Dengan mencatat tanggal lahir maka umur ternak yang bersangkutan dapat diketahui. Karena itu sebaiknya peternak mencatat tanggal lahir ternaknya pada buku atau pada diding kandang.

2. Dengan melihat keadaan gigi
* Menentukan umur kambing berdasarkan jumlah gigi

Comments (2)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

wah data datanya sangat membantu, thanks yah ... sukses .