Profil Besut ( Benar benar Susu Ettawa )

Posted by Benar Benar Susu Ettawa | Posted in


1. Keadaan Umum

Kabupaten Jombang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Luas wilayahnya 1.159,50 km persegi dengan jumlah penduduk 1.338.563 jiwa (2008). Pusat kota Jombang terletak di tengah-tengah wilayah Kabupaten, memiliki ketinggian 44 meter di atas permukaan laut, dan berjarak 80 km (1,5 jam perjalanan) dari barat daya Kota Surabaya, ibukota Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Jombang memiliki posisi yang sangat strategis, berada di persimpangan jalur lintas selatan Pulau Jawa (Surabaya-Madiun-Jogjakarta), jalur Surabaya-Tulungagung serta jalur Malang-Tuban. Kabupaten ini terbagi dalam 21 Kecamatan yang mencakup 302 Desa dan 4 kelurahan .

Berdasarkan data tahun 2006 kabupaten Jombang mempunyai potensi ternak sebagai berikut : sapi potong sebanyak 62.848 ekor, sapi perah 2.824 ekor, kerbau 1.881 ekor, kuda 25 ekor, kambing 154.056 ekor, domba 106.721 ekor, ayam buras 5.488.479 ekor, ayam petelor 888.816 ekor dan ayam pedaging 3.578.920 ekor ( Disnak Jawa Timur, 2007 ).Sedangkan produksi susu 2.815.545 liter.

Kelompok tani ternak “ JARAK KEBUN MAKMUR” memulai kegiatannya sejak 31 Desember 2007. dengan kegiatan utama peternakan kambing Peranakan Ettawa (PE), yaitu hasil persilangan antara kambing India dengan kambing Jawa. Para anggota kelompok sadar bahwa memelihara kambing dapat mendatangkan keuntungan yang menjanjikan dan pakan yang melimpah ruah memudahkan para peternak dalam pemeliharaan, namun di sisi lain mereka agak mengalami kesulitan dalam penyediaan pakan secara berkelanjutan pada saat musim kemarau bisa dipastikan 75% tumbuh-tumbuhan akan mengering dan mati. Untuk itu, maka di tahun 2008, kelompok ini melakukan penghijauan 7 hektar lahan kritis dengan pohon manggis, alpukat, duku dan salak. Di penghujung tahun 2008, seluruh lahan yang telah dihijaukan mencapai 27 hektar, terdiri dari lahan pekarangan, dan lahan pertanian dan hutan rakyat.

Kelompok tani ternak “ JARAK KEBUN MAKMUR “ beranggotakan 10 orang ( nama anggota terlampir ). Latar belakang mata pencaharian hampir sama berkebun dan beternak, karena mereka berasal dari satu desa dan dusun yang sama.. Semua anggota kelompok memiliki lahan perkebunan yang bervariatif serta mempunyai beberapa kambing PE, ada juga yang memiliki sapi perah.

Dari sekumpulan petani ini berkumpul membicarakan banyaknya tengkulak yang berebut kambing mereka menjelang perayaan hari raya Idul Adha yang harganya jauh berbeda dengan dijual sendiri dan hanya menunggu tengkulak yang mengambil. Diskusi awalpun banyak yang menyambut dengan antusias, pada Bulan Desember 2007 maksud pembentukan kelompok disepakati dengan memberi nama kelompok “ JARAK KEBUN MAKMUR “ karena sesuai dengan desa tempat tinggal mereka. Pada 31 Desember 2007 kelompok tani ternak dikukuhkan dan mendapat piagam pengukuhan sebagai kelompok tani kelas pemula .

Adapun data kelompok masyarakat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Nama Kelompok : JARAK KEBUN MAKMUR
Alamat : Desa Jarak Kec. Wonosalam Kab. Jombang
Badan Hukum : -
Lingkup Usaha : Peternakan Sapi Perah dan Kambing Perah

2. Potensi Wilayah
Luas Wilayah Desa : …… Ha
Jumlah Penduduk : ………… orang
Latar Belakang Pendidikan : SD SMP SMA Sarjana
Mata Pencaharian Penduduk : Petani dan Buruh Tani, Peternak Sapi Perah, Peternak Kambing Perah,Pedagang, Pegawai Negeri dan Pegawai Swasta

3.Kondisi Geografis
Suhu : 18 - 22 °C
Ketinggian : 800 - 900 M dpl
Tipe Iklim : B (basah)
Rata-Rata Curah Hujan : 1.625 mm

4.Kelembagaan
Susunan Pengurus
Ketua : Gunadi Prasetyo
Sekretaris : Sujarwo
Bendahara : Syaidil basar
Anggota : + Komari
+ Sugito
+ Suyit
+ Nur Khamid
+ Suradi
+ Kateni
+ Kartika Dwi S

Comments (2)

maju terus besut ... !!

ayo jadikan wonosalam sentra ternak yang paling maju di jombang ..bravo jombang ...