Reproduksi dan Kesehatan

Posted by Benar Benar Susu Ettawa | Posted in


Tatalaksana terutama diupayakan melalui pengelolaan perkawinan. Dengan pengelolaan yang baik, ternak kambing PE dapat melahirkan anak setiap 7 ( tujuh ) bulan sekali asal diikuti dengan penanganan perkawinan yang tepat. Hal ini akan dapat dicapai dengan penyapihan anak pada umur 3-4 bulan. Perkawinan induk yan baru melahirkan sudah bisa dilaksanakan pada satu bulan sesudah melahirkan.

( 1 ) Masa Birahi

Pada umumnya dewasa kelamin pada periode tertentu + umur 8 – 10 bulan dan akan menunjukkan birahi dengan tanda-tanda sebagai berikut :

1. Ternak gelisah
2. Nafsu makan semakin berkurang
3. Mencoba menaiki teman-temannya.
4. Ekor dikibas-kibaskan dan sering kencing.
5. Bibir kelamin agak membengkak, berlendir dan kemerah-merahan.

Lama birahi pada kambing 24 -25 jam, sedang pada domba 25 – 40 jam.

( 2 Perkawinan

Saat terbaik dikawinkan pada betina adalah hari kedua pada masa birahi atau 18 – 20 jam dari mulai timbulnya birahi seperti petunjuk tabel 6

Keterangan :

( 1 ) Kalau ternak yang dikawinkan masih memperlihatkan tanda birahi pada periode siklus birahi berikutnya ( + 17 – 21 hari ) supaya segera dikawinkan lagi.
( 2 ) Ternak yang sudah dikawinkan sebanyak 3 kali periode birahi berturut-turut dan tidak terjadi kebuntuingan agar dilaporkan pada petugas Dinas peternakan setempat guna diadakan pemeriksaan dan pengobatan.
( 3 ) Sistem perkawinan yang dilaksanakan pada ternak kambing / domba selama ini, adalah perkawinan secara alam.

Perbandingan jumlah ternak dalam kandang sebaiknya setiap ekor penjantan untuk 9 ekor betina.

Pemeliharaan kesehatan ternak sangat penting, yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kandang dan pemenuhan kebutuhan akan pakan tercukupi. Apabila ada ternak yang sakit sebaiknya disendirikan ( diisolasi ) sampai keadaan pulih kembaki dan hal ini mengantisipasi agar mencegah menularnya ke ternak lain. Langkah selanjutnya memanggil pendamping untuk upaya pengobatan lebih intensif.

Comments (1)

ternak juga bisa gelisah toh ...huahahaha ....